0

Penurunan Kolesterol Tinggi ku

imagesIngin Berbagi cerita seputar Kolesterol tinggi yang pernah ku alami. Berawal dari Lebaran Idul Fitri + di tambah hampir 40 Hari pasca persalinan ketiga ku, Jadi ibarat  kesurupan Makan ku jadi tidak terkendali, Maklum hampir 9 bulan Hamil mengalami Mual Muntah, Makan apa aja terasa ga enak terutama makan yang manis2 di saat hamil pasti bawaannya eneg pengen Hoeks… Nach Berhubungan bertepatan dengan Lebaran dan mulai boleh makan sedikit demi sedikit sambil melihat reaksi dari Bayi apakah makanan tersebut berpengaruh terhadap ASI dan ternyata Alhamdulillah apapun yang ku makan masih aman2 di perut si kecil, hehe… jadi Mulailah dari menu Lebaranku Opor Ayam santan kental, Rendang Daging, Bakso, Kue2 Cake Lebaran, Bolu Gulung belum lagi Kue2 Mentega seperti Nastar, Putri Salju dll … Betah banget di rumah , Bawaan Laper aja dengan alasan menyusui, Pipi mpe Chubby Bulet, duh rasanya enak banget Makan setelah sekian lamanya menahan selera akibat Morning Sicknes, hehe……

Nach suatu hari Body mulai terasa tidak enak, Bahu2 , Pundak pegel ky’ habis angkat goni berkilo2, udah coba oles fr**h c*re, gosok b*lsem tapi hilangnya hanya sesaat, saat panasnya hilang masih terasa pegel. keesokan harinya kepala mulai terasa berat, sakit banget. Dibawa minum paracetamol ga mempan, akhirnya dibawa tidur. Saat bangun sih berkurang tapi beberapa jam kemudian ( terutama sesudah makan) mulai sakit lagi. Dan saat di bawa berbaring rasanya kasurku seperti bergoyang-goyang dan berputar, aq kena vertigo juga, lama kelamaan rasa sakit kepala berubah menjadi pusing. Puncaknya saat akhirnya aq harus kembali beraktifitas mengajar, saat berdiri tubuh mulai terasa oyong kliyengan, pusing, lemes dan pundak serta kepala masih terasa sakit. Akhirnya aq ke dokter karena sudah tidak tahan dengan keluhan yang tiba-tiba ini, dan  oleh Dokter di cek lah kolesterolku dan ternyata hasilnya … 240 … dan Triglicerida 80. Kata Dokter angka kolesterolku sudah High… Duch aq yang selama ini tidak begitu mengerti kolesterol apalagi bahayanya akhirnya bisa merasakan efek negatifnya jika KOLESTEROL TINGGI.

kadar-kolesterol-normalDokter memberikan ku obat Statin dengan merk SIMVASTATIN, Tapi setelah sampai di rumah dan cari2 tau tentang simvastatin ternyata tidak baik buat Ibu Menyusui. Akhirnya Mulai search di google, cari tau cara menurunkan kolesterol secara alami dan apa saja makanan pantangan buat yang sudah terlanjur kolesterol tinggi seperti aq. Mulailah atur Makanan …

indexNach Mulai menjauhi yang namanya seafood seperti udang cumi dan kerang (padahal aq suka bangeeettt), Daging2 berlemak juga, untuk aq saat itu daging sapi tanpa lemak juga dihindari, dan menghindari Jeroan. untuk protein aq terkadang konsumsi ikan dan telor rebus yang putihnya aja kuning buat anak2.  menghindari santan dan margarin, ga mau makan makanan yang digoreng, makanan direbus atau dipanggang aja. sayur wajib ada bisa di tumis atau di buat sop, kadang makan sayur yang mentah juga, ga enak sih tapi lebih ga enak lagi menahan rasa sakit akibat kolesterol tinggi. setiap hari wajib minum jus, jus yang biasa ku minum jus alpukat, nenas, tomat, wortel, dan apel (di selang selingi) dan tanpa gula. oya, tidak semua sayur atau buah baik bagi penderita kolesterol, contoh durian, hehe… Trus susu tetap minum, cari yang rendah kolesterol. bukan promo tapi setiap hari aq minum 2 gelas Tropicana slim yang skim rasa vanila. Minyak zaitun juga tidak lupa, 1 sdm sehari pagi bangun tidur dan 1 sdm saat menjelang tidur malam. dan untuk nasi aq ganti dengan beras merah, ternyata rasanya juga enak seperti nasi biasa. Hanya saja harga 1 kgnya bisa 3x harga beras yang biasa di makan, hehe… tapi untuk anak dan suami tetap makan dengan nasi + lauk pauk seperti biasanya.

Dan sebulan kemudian Cek Lab.Darah lagi dan hasilnya ada penurunan, dari 240 turun menjadi 225 dengan HDL 56 dan LDL Masih tinggi 161, triglicerida normal dengan hasil 66. BB dari 56kg menjadi 52kg. Efek di tubuh masih ada, tubuh masih sempoyongan kalau berjalan dan pusing berkunang2 kadang vertigo, pundak dan kepala sesekali terasa berat. Target kolesterol < 200 masih harus di kejar. Mulai was2 karena dada kiri mulai suka nyeri. Tapi cek ke dokter katanya jantung sama paruku masih baik, hanya saja ada kekentalan darah yang mengakibatkan kerja jantung menjadi lebih ekstra. efek positifnya BB mulai berkurang, Alhamdulillah. Pengaturan pola makan seperti sebelumnya tetap di lakukan, hanya aq lebih fokus ke vegetarian sampai lupa kadang memasukkan protein ke dalam makananku. bagiku terkadang makan nasi sedikit dengan sayur bening bayam saja sudah cukup, trus dilanjutkan dengan minum jus buah, tapi ternyata salah.

Setelah 2 Bulan Tubuhku malah makin lemas dan lemah, sakit kepala dan pundak hilang, tapi kepala masih pusing berkunang, dan badan mulai gemeteran saking lemasnya, mungkin karena diet vegetarianku yang terlalu ketat, dan sempat diopname sehari karena ternyata Gula Darahku Drop mpe 49. Dokter mulai melarangku untuk diet, tetap konsumsi makanan seperti biasa terutama protein jangan lupa, carilah protein yang tidak tinggi kolesterol seperti ikan. Dan setelah mengikuti saran dokter tubuhku mulai segar kembali, coz di kasih vitamin juga sama Bu dokter, hehe… dan Cek Lab lagi dan hasilnya Alhamdulillah kolesterolku turun dari 225 menjadi 162.

14656311_1156139971075154_4189413567053700106_n

Hasil Lab.Darahku. Kolesterol Normal < 200

Cholesterol Total menjdi 162, LDL turun menjadi 109, tapi sayang banget HDLnya juga ikutan turun sebelumnya 56 menjadi 42 :'(  dan trglicerida juga turun menjadi 53 …

Alhamdulillah kondisiku  mulai membaik. Tidak oyong Kliyengan lagi jika berjalan, kepala dan pundak tidak sakit, sudah bisa kembali beraktifitas seperti biasa. Tapi kolesterol turun bukan berarti bisa makan seenaknya. Tetap memilih Makanan yang sehat, kurangi makanan yang berkolesterol tinggi. Oya 1 lagi Manfaat yang kurasakan BBku kembali turun menjadi 49, dalam 2 bulan turun 7kg, Tubuh segar dan ringan. Jangn sampai tinggi lagi karena efek negatif dari kolesterol tinggi tidak baik apalagi ke depannya jika di biarkan bisa menyebabkan penyakit seperti jantung koroner dan stroke.

Nach sekian cerita pengalamanku dalam menurunkan kolesterol dalam waktu sekitar 2 – 3 bulan. Mudah2an ke depannya tetap stabil. Oya, 1 lagi aq mudah sekali mengalami kolesterol tinggi karena Gen. Ayah dan Ibuku terkena stroke disaat berusia 50-an. Jadi aq juga harus waspada, salah makan sedikit saja bisa menyebabkan kenaikan angka kolesterol ku lagi. Semoga yang mengalami bisa mencoba menurunkan kolesterol secara alami dulu. Jika dalam waktu 3 bulan tidak ada perubahan baru di coba obat2an dari dokter. Tapi untuk yang kolesterolnya sudah > 250 , sebaiknya langsung konsultasi ke dokter supaya jangan semakin bertambah kenaikan kolesterolnya. Cara alami bisa diterapkan tapi prosesnya tidak instan, butuh kesabaran tapi insyaAllah dengan doa dan ikhtiar pasti bisa didapatkan …

photogrid_1462153939676

 

” Lily Fitriana, S.Kom – 33Tahun

Ibu dari 3 orang Putri dan –

Guru di SMPN 1 Dumai – Riau”

 

 

 

0

Cerita pengalamanku di Kehamilan Trimester 1

Assalamualaikum…

Udah lama gak nulis, bingung memulai darimana , hehe…

Alhamdulillah .. Masih diberi rezeki dan amanah dari Allah swt,dan  ini adalah kehamilan keempatku, dan sama seperti kehamilan2 sebelumnya, setiap kehamilan punya cerita masing-masing …

Saat ini kehamilanku memasuki trimester 2 minggu ke 15, udah mulai enakan jadi punya kesempatan buat menulis sedikit cerita mengenai kehamilan trimester 1,  terutama mengenai kondisi fisik. Mulai dari kehamilan pertama x ya…biar terlihat perbedaanya…

Kehamilan pertama trimester 1 :

Alhamdulillah 1 bulan pasca ijab qabul aq hamil, kehamilan pertama terasa lebih mudah, tidak terlalu mual dan muntah jg klw kebanyakan makan, hehe…, fisik awalnya juga kuat dan krn belum punya pengalaman, selama hamil aq hanya memeriksakan diri ke bidan didekat rumah.  tapi saat lebaran tepatnya memasuki minggu ke 12, tubuhku mulai merasakan perbeaan dari awal kehamilan, jadi mudah lelah perut bawah sering kram dan mulas, dan akhirnya pada suatu hari aq mengalami sedikit pendarahan, dan saat itulah bidan baru menganjurkanku untuk USG ke dokter kandungan. Awal USG sempat syok, dokter mengatakan klw janinku tidak berkembang dan hanya terlihat kantong janinnya aja,dan beliau menyarankan untuk dikure sajat. hiks…sedih banget waktu tau itu. dan sejak USG pertama aq sering mengalami flek. beberapa hari kemudian aq bersama suami mencoba mencari dokter kandungan kedua, dan hasilnya sama, hanya dokter yang kedua masih memberikan kesempatan untuk menunggu 2 minggu lagi, tapi seminggu setelah USG kedua aq pendarahan hebat, dan akhirnya tetap harus dikuret karena saat itu kandunganku sudah hampir memasuki 14 minggu, tidak bisa menunggu untuk abortus spontan.

 

Kehamilan kedua trimester 1 :

2 Bulan pasca kuret kehamilan pertama akhirnya aq hamil lagi, gak nyangka banget bisa secepat itu.   Dan karena pengalaman di kehamilan pertama, dikehamilan kedua disaat tau hamil aq langsung memeriksakan diri ke dokter kandungan (rutin setiap bulannya), dan Alhamdulillah janinku sudah terlihat diusia kehamilan 7 minggu. 8 Minggu mulai merasakan eneg dan mual tapi Alhamdulillah masih bisa makan seperti biasa, muntah hanya sekali2 klw kebanyakan makan (sama seperti sebelumnya)… dan mual2nya hanya sampai usia kehamilan 13 minggu. kehamilan kedua terasa lebih mudah, sakit hanya sekali dan itu juga hanya Batuk karena bencana asap dikotaku. aq benar2 menjaga makan, tidak makan mie instan, menjauhi Msg dan mencoba untuk masak sendri, ngidam yang aneh2 juga tidak ada..

Anakku terlahir normal diusia 38 minggu dan lahir sehat sempurna, perempuan, dan saat ini usianya sudah 6 Thn …

1378412_612959498726540_1339448661_n

Zaskia Shally Salsabilla

Kehamilan ketiga Trimester 1 :

Saat si kakak zaskia berusia 18 bulan, aq hamil lagi untuk yang ketiga. saat usia kehamilan 5 minggu aq sudah merasakan eneg dan mual, saat kehamilan 6 minggu sudah mulai muntah, air liur juga banyak sekali diproduksi di kehamilan ketiga ini, tubuhku benar2 lemah akibat terlalu sering muntah, gak bisa minum air putih dan aq jd sering konsumsi Mie karena susah makan nasi, hiks…. diawal hamil BBku 51 kg, di trimester 1 BB turun drastis dan aq mengalami mual ini bukan hanya ditrimester 1 tapi mpe kehamilan 9 bulan masih mual dan muntah (pada minggu ke 15 sempat berhenti mulmunnya, tapi ntah  kenapa diminggu-minggu berikutnya balik lagi, hiks😥 ) . karena susah minum air putih biasa jadi aq selalu minum air manis  + es, seperti teh es, es syrup bahkan minum minuman kaleng seperti spr*te dan c*ca c*la dingin… makan juga selalu makan diluar, seperti makan bakso , mie ayam dll.  beda banget dengan kehamilan sebelumnya, aq benar2 menjaga makan dan minum. di kehamilan ketiga ini bukannya tidak mau menjaga makan dan minum tapi aq mencari makanan yang bisa diterima oleh tubuhku, klw tidak aq pasti akan muntah.

Alhamdulillah, dikehamilan 39 minggu aq melahirkan anak yang kedua perempuan,, bahkan sebelum melahirkan masih sempat2nya muntah. anakku terlahir normal dan sehat dengan BB 3,7kg PB 52cm (karena emaknya sering minum yang manis2 dan makan yg berlemak x ya, hehe…). padahal selama 9 bulan kehamilan BBku cuma naik 3,5kg (sedikit banget, dari awal hamil 51kg mpe sebelum melahirkan 54,5 karena sempat turun, tp koq anaknya bisa gede ya? :-p ), jadi pas lahiran ga perlu diet karena udah kelihatan kurus, tapi beberapa bulan kemudian kembali gendut krn balas dendam susah makan pas hamil, hihi …

2012-03-01 09.58.53

Kehamilan 4 Trimester 1 :

Nach sekarang aq hamil yang ke empat, insyaAllah calon anak ketiga kami. saat menulis ini kehamilanku berusia 15 Minggu. Saat tau hamil 4-6 minggu aq tidak mengalami mual muntah malah banyak banget makannya tapi saat memasuki 7 minggu mulai eneg, mual dan akhirnya makan apapun selalu muntah, jangan makan. minumpun pasti dikeluarin. sempat gak tahan dengan kondisi ini, aq sampe minta diantar ke IGD aja krn sudah sangat lemah. Tapi oleh dokter aq hanya diberi obat untuk mengatasi mual muntah yaitu Ondansetron 4mg. Alhamdulillah setelah konsumsi itu aq mulai bisa makan dan minum, tapi jadi benar2 tergantung, klw tidak aq pasti muntah lagi, hiks😥 … sempat khawatir dgn ini karena dikehamilan sebelumnya aq tidak mengkonsumsi obat mual merk ini. tapi memasuki kehamilan 14minggu mualnya sudah berkurang bahkan tidak muntah lagi saat makan. Alhamdulillah mudah2an mual muntahnya tidak sampe 9 bulan seperti  sebelumnya. aamiinn ..

 

Ceritanya sampe disini dulu ya… kita sambung lagi di cerita berikutnya trimester kedua…

 

0

Ucapan Ramadhan 1436H dan DP BBM

pizap.com14344248316401Alhamdulillah Ramadhan 1436H kembali tiba, saatnya sucikan hati dengan saling bermaaf maafan… Mari kita sambut Bulan Suci ini dengan saling berkirim Ucapan Selamat Puasa Ramadhan, dan Berikut ini beberapa ucapan selamat menjalankan ibadah puasa dan DP untuk BBM :

1. Puasa Ramadhan 1436H / 2015M telah tiba, semua ummat menyambut gembira. Berharap mendapatkan pahala dan ampunan-NYA. Agar kelak dapat masuk syurga.., aamiin.. Met Puasa Ramadhan 1436H.

DP-BBM-Ucapan-Selamat-Menunaikan-Ibadah-Puasa-Ramadhan

2. Ya Allah……
Perkayalah Saudaraku ini dengan keilmuan
Hiasi hatinya dengan kesabaran
Muliakan wajahnya dengan ketaqwaan
Perindalah fisiknya dengan kesehatan
Serta terimalah amal ibadahnya dengan kelipat gandaan
Karena hanya Engkau Dzat penguasa sekalian alam
Marhaban Ya Ramadhan…
Mohon maaf lahir dan bathin…

Gambar-Gerak-DP-BBM-Ucapan-Selamat-Berpuasa-Lucu

3. Fajar ramadhan segera menghampiri dunia, selembar sutra menghapus noda, sebening embun penyejuk kalbu, sucikan hati bersihkan jiwa di bulan yang suci. selamat menunaikan ibadah puasa 1436 H semoga amal kita diterima disisi Alllah SWT..Amiiin…

Animasi-Dp-BBM-Kata-Mutiara-Menyambut-Bulan-Puasa-Ramadhan

4. Makan bubur semangkuk berdua

Pagi sahur sorenya buka

Lauk telur enak rasanya

Niatnya luhur Menjalankan Puasa

Marhaban Yaa Ramadhan 1436 H

Mohon Maaf Lahir dan Bathin

DP-BBM-Gerak-Marhaban-Ya-Ramdhan

5. Tiada kemenangan tanpa zikrullah

tiada amal tanpa keikhlasan

tiada ampunan tanpa maaf dari sesama

marhaban ya ramadhan..

1436H ….

1 dp bbm6. Sahabatku, jangan lupa bangun buat sahur yak.. karena aku gak mo liat kamu pingsan karena jujur aja badanmu gede banget.. berat sob, hehehe.. Met puasa ya..

2 dp bbm7. Bulan Ramadhan adalah bulan yang suci. Seperti embun pagi yang membasahi dedaunan di kala pagi. Embun sejuk yang akan membasuh dan membersihkan jiwa kita dari segala dosa. Selamat menunaikan ibadah puasa ramadhan 1436H

4 dp bbm8. Semoga puasaku, puasamu dan semua ibadah kita diterima oleh ALLAH SWT., dan semua dosa kita dihapus oleh-NYA.. AAMMIIN..

6 dp bbm

9.

semoga tahun ini lebih baik dari sebelumnya Di jaman penjajahan para pahlawan berjuang mati-matian melawan kompeni dan tentara jepang. Sementara di bulan ramadhan ini kita umat Muslim berperang sekuat tenaga melawan hawa nafsu. Semoga ramadhan 1436 H ini kita semua dapat mengalahkan hawa nafsu dan menuju kemerdekaan dalam Idul Fitri .

8 dp bbm9. Secara fitrah manusia itu bersih dan suci. Kedengkian dan kebencian membuat manusia menjadi kotor. Maka di bulan suci ini, mari kembali kita membersihkan jiwa, agar kita dapat kembali kepada fitrah.

10 dp bbm

10.Putus cinta bikin galau

Status lucu bikin ketawa

Walau puasa di musim kemarau

Tetap semangat dan tak putus asa!

12 dp bbm

11. Smoga gak ada bolongnya. Semoga dilancarkan rejekinya. Semoga diampuni semua dosanya. Semoga dimudahkan jodohnya.., aamiin, Yaa Allah, aamiin..

13 dp bbm12.Tok.. tok.. tok.. !!!

Assalamu’alaikum… Permisi…

Cuma mau minta maaf atas kesalahan yang pernah saya buat ma situ yang disengaja maupun tidak disengaja.

Kan dah mau puasa.. Semoga amal ibadah amal ibadah kita diterima yah..

Minal aidin walfaidzin, mohon maaf lahir dan bathin..

Pamit yah… Mau ke HaPe sebelah.. Assalamu’alaikum ^_^

15 dp bbm

13. Nafaspun menjadi tasbih, tidurpun menjadi ibadah, amal diterima dan doa2 dikabul
bagi orang yang puasa dan rajin membaca Kitab-Nya di bulan ramadhan
Marhaban ya Ramadhan, maaf lahir dan bathin, selamat menjalankan ibadah PUASA

17 dp bbm

14. Marhaban ya Ramadhan,
Semoga bulan ini penuh BBM (Bulan Barokah dan Maghfirah)
Mari kita PREMIUM (Pre Makan dan Minum)
Serta SOLAR (Sholat Lebih Rajin ), dan
MINYAK TANAH (Meningkatkan Iman dan Banyak Tahan Nafsu Amarah)
Serta PERTAMAX (Perangi Tabiat Maksiat)
Mohon Maaf Lahir dan Bathin

19 dp bbm

15. Perkataan paling berbobot adlh “ALLAH”
Lagu termerdu adlh “ADZAN”
Buku terbaik adlh “AL QUR’AN”
Senam paling sehat adlh “SHALAT”
Kebersihan paling menyegarkan adlh “WUDHU”
Perjalanan terindah adlh “HAJI”
Khayalan paling mengesankan adlh ingat akan “DOSA”
Diet paling sempurna adlh “PUASA”
Selamat merengkuh berkah Ramadhan

d

0

Membuat Blog Gratis di WordPress

Cara Membuat Blog Gratis di WordPress (WP)

blogScript WordPress bisa digunakan untuk domain dengann hosting sendiri ataupun digunakan secara gratisan. Namun, artikel ini akan membahas cara membuat blog gratis di WordPress.com, dimana kita bisa menikmati semua layanan dengan gratis, baik itu subdomain dan juga hosting-nya. Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Langkah pertama adalah membuka situs WordPress, klik atau buka URL ini di browser Anda id.wordpress.com

2. Setelah halaman WordPress terbuka, silahkan masukkan alamat web yang Anda inginkan, misalnya BlogTersayang.wordpress.com. Lalu klik tombol “Buat Situs Web”. Lihat gambar di bawah ini:

3. Akan muncul halaman baru. Pada halaman ini, Anda akan diminta mengisi kolom-kolom, seperti alamat email Anda, nama pengguna (untuk login), password, dan alamat blog.

  • Alamat email: isi dengan alamat email Anda
  • Nama pengguna: Gunakan nama Anda atau variasi nama Anda (misalnya: nana89), ini untuk user name ketika login ke dashboar WP
  • Password: isi dengan password yang kuat dan mudah diingat
  • Pastikan alamat blog: cek ulang alamat untuk blog Anda, misalnya “BlogTersayang.wordpress.com”
  • Jangan lupa klik link yang bertuliskan “akan menggunakan alamat yang gratis”
  • Setelah semua kolom telah diisi, klik tombol “Buat Blog” yang ada di bagian bawah.

4. Pihak WordPress akan mengirimkan link untuk verifikasi ke email Anda. Buka email Anda, temukan email dari wordpress.com dan klik link di dalam email tersebut. Lihat gambar

5. Setelah melakukan verifikasi dengan cara yang dijelaskan pada langkah 4 di atas (klik link verifikasi), nanti akan terbuka tab baru di browser dan Anda akan melihat halaman dashboard WordPress milik Anda. Lihat Gambar

0

Pembelajaran Berbasis TIK

P_20150523_103942Teknologi komunikasi dan informasi (TIK) saat ini memang sudah tak bisa lagi kita pisahkan dari kehidupan manusia modern. Setiap harinya kehidupan kita selalu dipenuhi dengan perangkat-perangkat TIK tersebut. Berlatarbelakang hal tersebutlah maka akhirnya muncul sebuah gagasan dari kalangan yang peduli terhadap kegiatan pembelajaran yang berlangsung bagi peserta didik di sekolah untuk mencanangkan sebuah kegiatan pembelajaran berbasis TIK. Seperti apakah pembelajaran berbasis TIK ini? Nah untuk menambah wawasan yang anda miliki tentangnya maka tak ada salahnya jika anda membaca ulasan berikut ini dengan seksama karena di sini saya akan banyak memberikan informasi yang anda perlukan.

Pertama yang akan kita bahas di sini adalah tentang media pembelajaran berbasis TIK. Media merupakan sebuah perangkat atau alat. Sedangkan pembelajaran memiliki arti sebagai sebuah kegiatan penyampaian informasi terkait ilmu pengetahuan dari tenaga pendidik kepada para peserta didik yang dimilikinya. Dengan demikian dapat kita tarik sebuah pengertian mengenai

Pembelajaran berbasis TIK adalah sebuah alat atau perangkat yang diperlukan dalam proses kegiatan penyampaian informasi berupa ilmu pengetahuan dari seorang tenaga pendidik kepada para peserta didik yang menggunakan teknologi komunikasi dan informasi.

Kedua, yang akan kita bahas pada ulasan kali ini adalah mengapa pembelajaran berbasis TIK ini diperlukan? Apakah kelebihannya jika dibandingkan dengan kegiatan pembelajaran yang lainnya? Perlu untuk anda ketahui bahwasanya sebagai salah satu model pembelajaran inovatif yang terus dikembangkan tentunya pembelajaran berbasis TIK ini memiliki banyak kelebihan di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Model pembelajaran ini lebih menarik karena menggunakan TIK. Hal tersebut memungkinkan bagi para tenaga pendidik maupun para peserta didik untuk lebih kreatif dalam menggunakan teknologi informasi dan komunikasi sebagai media pembelajaran yang menyenangkan.
  2. Dengan pembelajaran berbasis TIK ini maka kegiatan pembelajaran akan semakin berkembang. Seperti yang anda ketahui bahwa saat ini perangkat teknologi ini terus berkembang, sehingga dengan menyisipkannya dalam kegiatan pembelajaran maka baik peserta didik maupun tenaga pendidiknya akan sama-sama berjuang untuk mengikuti perkembangan teknologi yang digunakan.

Dan itulah sedikit ulasan yang dapat saya uraikan pada ulasan kali ini. Semoga beberapa ulasan di atas, dapat memberikan banyak manfaat bagi para pembaca sekalian. Sekian, terima kasih.

0

Manfaat TIK Bagi Pelajar

P_20150523_074424rTIK pasti sudah banyak yang tau tentang ini, dari ini kita bisa melakukan apasaja yang kita butuhkan. TIK merupakan singkatan dari Teknologi Informasi dan Komunikasi. TIK ini sekarang sudah jadi pembelajaran disekolah, pembelajaran ini berisi tentang perkembangan dari Teknologi Informasi dan Komunikasi seperti internet dan layanan lainnya. Biasanya dalam materi pembelajaran  membahas bagian dari komputer yaitu : Software, Hardware dan Brainware. Fungsi dari belajar ini adalah mempermudah siswa dalam mengerjakan tugas TIK dari garu. Pelajaran TIK sangat penting diberikan untuk pelajar dari tingkat SMP maupun SMA.
Adapun Manfaat dari mempelajari Teknologi Informasi dan Komunikasi  yaitu sebagai berikut :
  1. Pelajaran TIK juga mempermudah siswa dalam mengenal internet dan memafaatkannya untuk berkomunikasi dengan teman, keluarga, maupun saudara yang jauh, bahkan mereka bisa berkomunikasi dengan orang yang berada di berbagai belahan dunia tanpa mengalami kesulitan seperti menggunakan jejaring sosial Facebook, Twitter, YM, dll.
  2. Dengan adanya palajaran TIK siswa dapat dengan mudah menggunakan komputer untuk mengerjakan tugas yang berhubungan dengan pengolahan angka, pengolahan kata, presentasi, dll
  3. Mengembangkan kompetensi kita dalam menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk mendukung kegiatan belajar, bekerja, dan berbagai aktifitas dalam kehidupan sehari hari.
  4. Memotivasi kemampuan kita agar bisa beradaptasi dan mengantisipasi perkembangan TIK, sehingga bisa melaksanakan dan menjalani aktifitas kehidupan sehari hari secara mandiri dan lebih percaya diri.
  5. Mengembangkan kemampuan belajar berbasis TIK, sehingga proses pembelajaran dapat lebih optimal, menarik, dan mendorong kita lebih terampil dalam berkomunikasi, terampil mengorganisasi informasi, dan terbiasa bekerjasama.
  6. Dengan adanya pelajaran TIK yang diberikan kepada siswa, maka siswa dapat memfungsikan komputer dan internet secara maksimal sebagai media belajar yang efektif.
  7. Siswa mempunyai pengetahuan yang luas tentang dunia luar seta informasi dari berbagai belahan dunia secara cepat mudah dan murah melalui internet.
  8. Pelajaran TIK menjadi bekal bagi siswa dalam menempuh masa depan yang semakin deras dengan arus globalisasi dan perkembangan tekhnologi yang semakin canggih.

0

Pelatihan Pemanfaatan TIK

P_20150522_210457 Alhamdulillah diberikan kesempatan kembali untuk mengikuti Pelatihan Kompetensi Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) SMP untuk pembelajaran di Provinsi Riau Tahun 2015 yang dilaksanakan sesuai RKA yang pelaksanaanya dimulai dari tanggal 22 mei s.d 25 mei 2015 bertempat di hotel Furaya Pekanbaru.

Metode Pembelajaran

Dilaksanakan dengan sebanyak mungkin mengaktifkan para instruktur melalui praktek yang mengarah pada aktifitas instruktur. Adapun metode-metode pembelajaran yang digunakan adalah :

1. Ceramah dan tanya jawab

2. Pemberian tugas, diskusi, simulasi, dan praktek

3.  Demontrasi

4. Penugasan kelompok individu

5. Simulasi

Setiap fasilitator mengembangkan skenario pelatihan dan format-format kegiatan pelatihan untuk diterapkan didalam proses pembelajaran.

 

Harapan dari pelatihan ini :

Keseriusan para peserta, panitia dan fasilitator dalam mengikuti kegiatan merupakan salah satu faktor keberhasilan program/kegiatan pelatihan kompetensi pemanfaatan TIK SMP untuk pembelajaran di Provinsi Riau Tahun 2015.

P_20150523_074424r

 

By: Lily Fitriana, S.Kom