Beberapa Teknik Menciptakan Kontras dalam Slide


Kontras adalah prinsip desain yang berarti perbedaan. Menerapkan prinsip kontras berarti Anda menciptakan perbedaan antar elemen dalam slide presentasi.

Fungsi Utama Kontras

Secara umum kontras memiliki tiga fungsi utama.

1. Menciptakan perhatian

Salah satu alasan utama mengapa Anda harus menggunakan kontras untuk desain slide presentasi Anda adalah untuk menciptakan perhatian.  Karena secara alami ketika ada suatu elemen yang berbeda atau yang menonjol diantara beberapa elemen maka secara cepat audiens akan memperhatikan hal tersebut.

2. Menciptakan fokus

Ketika perhatian audiens sudah tertuju pada elemen slide yang berbeda, maka secara dengan cepat mereka akan mengarahkan pandangan mereka pada elemen yang paling mencolok. Ini membuat mereka fokus pada elemen yang Anda tekankan.

3. Menciptakan hirarki

Tidak hanya membuat slide Anda menarik, tapi kontras juga akan membantu Anda mengorganisasi konten Anda menjadi lebih jelas. Dengan demikian audiens dengan mudah dapat menangkap mana informasi utama dan mana informasi penjelas atau pendukung.

Bagaimana menciptakan kontras dalam slide presentasi?

Supaya Anda dapat menciptakan kontras dengan baik, berikut ada beberapa teknik sederhana bagaimana menciptakan kontras.

1. Menciptakan kontras dengan warna

Warna adalah cara terkuat untuk menciptakan kontras dalam slide presentasi Anda. Di sini Anda perlu memperhatikan penggunaan warna latar belakang dengan elemen lain pada presentasi slide Anda atau perbedaan gelap dan terang.

Beberapa contoh perpaduan warna yang paling sederhana untuk memuat kontras adalah warna putih-hitam, putih-buru, putih-merah atau putih-ungu. Anda dapat menggunakan perpaduan warna ini untuk membuat warna latar belakang slide dengan elemen yang lain pada slide.

Contoh:

Slide1

Beberapa gambar di atas hanyalah beberapa contoh sederhana bagaimana membuat kontras dengan warna.

Namun, jika Anda ingin membuat dampak yang lebih kuat, dengan hasil yang lebih menarik, kadang tidak cukup hanya dengan membedakan warna latar belakang dengan elemen-elemen pada slide. Namun lebih dari itu kadang Anda juga perlu memperhatikan perbedaan warna pada konten yang ditekankan dengan konten yang lain

Berikut adalah contohnya.

 

Kontras dengan warna 1

 

2. Menciptakan Kontras dengan ukuran

Merubah ukuran pada elemen tertentu yang ditekankan juga cara yang efektif untuk menciptakan kontras. Ini juga dapat menciptakan perbedaan yang menyolok sehingga ketika slide ditampilkan mata audiens akan langsung mengarah dan  fokus pada elemen yang memiliki ukuran yang berbeda. Baru setelah itu mereka akan melihat elemen yang lainnya.

Berikut adalah  contohnya.

Bintang panggung

 

3. Menciptakan Kontras dengan tipografi

Jika Anda ingin menciptakan kontras melalui tipografi, tentukan font apa yang akan Anda gunakan untuk informasi utama dan informasi penjelas. Pastikan font yang Anda gunakan berbeda. intinya menciptakan kontras dengan typografi juga akan membantu audiens memahami dengan cepat mana informasi utama dan mana informasi penjelas.

Catatan: gunakanlah maksimal 3 jenis font untuk slide presentasi Anda. Menggunakan 2 hasilnya jauh lebh baik.

Berikut adalah contohnya.

Slide12

 

Demikianlah teknik menciptakan kontras dalam slide presentasi.  Silakan Anda coba untuk membuat slide presentasi Anda.

Jika Anda menikmati posting ini, dan menurut Anda ini bermanfaat silakan Anda share ini kepada teman-teman Anda. Dan kami juga akan sangat senang jika ANda berkanan berbagi komentar melalui kolom komentar di bawah ini.

 

Kredit gambar: Last Cry by plaits, kozzi.com, thumbs up by anthony kelly, Plan Drawer by woodsy, LicenseAttribution Some rights reserved by Boudewijn Berends

 

Download slide presentasi menarik desain kelas dunia

 

– See more at: http://www.ronapresentasi.com/teknik-menciptakan-kontras-dalam-slide-prsentasi/#sthash.0Ta9jKRx.dpuf

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s