Mengajar Anak Mengucapkan Syukur


pizap.com13562286850781Bagaimana Anda, sebagai orangtua, mengajar anak-anak untuk mengucap syukur? Apakah menyantuni anak yatim-piatu, menyumbang ke panti asuhan, atau memberikan uang kepada setiap pengemis yang lewat?

Mengajar dan mengajak anak untuk selalu mengucap syukur sangatlah penting. Namun, bentuknya tidak melulu harus berkenaan dengan uang. Banyak cara sederhana dari mengucap syukur yang bisa diajarkan kepada anak, dan itu bisa dilakukannya dalam kehidupan sehari-hari.

1. Memberi minum kepada tunawisma

Jangankan rumah, banyak tunawisma yang kesulitan mendapatkan air bersih untuk diminum. Jika Anda dan anak-anak sedang bepergian dan kalian bertemu dengan tunawisma, ajak anak untuk memberikan minum kepada mereka. Agar terkesan lebih sopan, berikan minum dari botol kemasan yang belum dibuka.

2. Membukakan pintu
Saat akan masuk ke sebuah toko untuk berbelanja, Anda dan anak melihat ada seorang ibu tua yang kesulitan membuka pintu karena tangannya penuh dengan belanjaan. Segera bantu ibu tadi dengan membukakannya pintu. Dan katakan kepada anak untuk selalu melakukannya jika ia bertemu dengan orang-orang seperti itu.

3. Saling memuji
Di taman kanak-kanak, jika ada anak yang mengerjakan tugasnya dengan baik, guru biasanya akan memberikan sebuah bintang emas sebagai lambang pujian. Tanyakan kepada anak, bagaimana rasanya ketika ia menerima bintang tersebut. Pasti ia akan menjawab, “Enak” atau “Senang”. Jelaskan kepadanya bahwa jika ia memuji orang-orang di sekitarnya atas perbuatan atau sikap baik mereka, mereka juga pasti akan merasa senang.

4. Baca buku tentang kebaikan
Ajak anak membaca buku-buku yang bercerita tentang makna kebaikan. Ini merupakan salah satu cara menyenangkan untuk mengajarkan pentingnya kebaikan kepada anak.

5. Membantu saudara, teman , atau anak kecil
Ajarkan anak untuk mengasihi dan membantu orang-orang di sekitar mereka, terutama saudara sekandung, teman, atau orang yang usianya lebih kecil dari mereka.

6. Membuat kue untuk tetangga lansia
Orang yang sudah tua kadang suka merasa kesepian, karena mereka, biasanya, “ditinggal” oleh anak-anaknya yang sudah berkeluarga atau bekerja di tempat yang jauh. Ajak anak membuat kue dan mengantarkannya ke rumah tetangga yang usianya sudah sangat lanjut. Katakan kepada anak bahwa perbuatan mereka akan memberikan kesenangan yang luar biasa kepada lansia tadi.

7. Memberikan antrean
Saat sedang mengantri makanan, seringkali kita menjumpai ada seorang anak yang menangis kencang karena sudah terlalu lapar atau orang yang kebelet pipis saat berada di toilet umum. Selama anak masih bisa menahannya, ajar ia untuk mempersilakan orang-orang tersebut melewati antreannya.

8. Mendonasikan pakaian atau mainan lama
Stok pakaian dan mainan anak di lemari sudah terlalu banyak dan menumpuk. Ajak anak untuk memilih mana yang tak lagi dipakainya untuk didonasikan kepada anak-anak yang memerlukannya.
Warga negara yang baik

Meski masih sangat muda, bukan berarti anak bebas tanggung jawab dari menjaga dan memelihara negara. Ajarkan kepada anak bahwa dengan tidak membuang sampah, mencorat-coret fasilitas umum, atau menggunakan helm saat berkendara, mereka sudah menjalankan tugasnya sebagai warga negara yang baik.

Mengirim kartu ke kerabat dan teman
Masih ingatkah rasanya saat Anda pertama kali menerima kartu ucapan selamat ulang tahun atau hari raya? Menyenangkan sekali, bukan. Meski saat ini tehnologi sudah sangat canggih, mengirimkan kartu kepada saudara atau teman dekat juga masih sangat mengesankan, kok . Ajak anak membuat sendiri kartu ucapannya dan mengirimkannya kepada teman-temannya. Dijamin, orang-orang yang menerimanya akan sangat sekali.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s