Menghadapi Kemarahan Anak


553726_378830005530394_1107057846_nKemarahan anak adalah tantangan buat kita untuk mengendalikan diri. Karena jika kita salah langkah, maka kemarahan anak akan berdampak negatif buat dirinya. Apa yang tidak boleh dilakukan saat anak marah?

Simak tipsnya!

1. Melihat kemarahan anak dengan terpaku pada sudut pandang kita

Secara otomatis, ketika kita berpendapat, mengomentari kejadian, atau menyikapi persoalan, selalu menggunakan sudut pandang diri kita. Ini memang sudah sifat ego. Namun, jika kita sedang menghadapi anak, maka fleksibilitas sudut pandang kita sangat dibutuhkan. Ketika anak marah-marah dan kita menggunakan sudut pandang orang dewasa, maka kebenaran diukur dari sudut pandang kita. Jika demikian, maka kita akan jadi eyel-eyelan dengan anak. Kemarahan mereka semakin menjadi-jadi.

2. Bertahan, bahkan menyerang balik

Bertahan adalah bentuk serangan yang paling pasif. Ketika kita bertahan, sebenarnya kita sedang mengukuhkan diri menjadi keras kepala, apalagi ketika menghadapi anak yang marah. Ini bisa dilihat dan dirasakan oleh anak. Akibatnya, ia akan semakin jengkel. Dalam bentuk apa biasanya sikap bertahan? Paling sering mendiamkan anak, dengan mata terus menatap kepada anak, mulut mengatup dan gigi gemeretak.

Menyerang balik anak yang sedang marah juga berefek sama, yaitu semakin membuat marahnya menjadi-jadi. Jika ini kita lakukan, maka anak tidak hanya meledak marahnya, tetapi malah menjadi punya kecenderungan menjadi pemarah.

3. Terbawa ke dalam kemarahan anak

Baik menyerang atau tidak, terbawa kedalam kemarahan anak tidak akan meredakan kemarahan anak. Meskipun kita tidak melakukan apapun, terbawa kedalam kemarahan berarti menguatkan suasana marah. Atmosfir kemarahan turut kita bangun. Seperti spiral menaik, emosinya bertambah kuat secara timbal balik antara kita dengan anak.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s