Anak Tak Doyan Makan Sayur


Foto0044

Jika Anda menemui keadaan balita tak doyan sayur, berikut beberapa kiat yang  patut Anda coba :

Jangan hukum . Bisa jadi ini merupakan siklus  dimana anak belum merasa nyaman dengan manakan bertekstur (berserat) terutama sayuran dan buah-buahan. Jika orangtua menghukum, bisa-bisa akan timbul persepsi negatif. Anak akan merasa makan sayur adalah hukuman, atau aktivitas yang dapat membuatnya dihukum.

Ikut makan sayur . Upayakan orangtua ikut makan sayur  dan jangan merasa terpaksa. Makan sayur harus dapat dicontohkan orangtua sebagai aktivitas makan yang menyenangkan dan nikmat sehingga anak termotivasi untuk makan sayur.

Gantikan dengan buah . Idealnya, anak makan ½ porsi buah dan ½ porsi sayur. Jika anak sulit makan sayur, pertimbangkan untuk memperbanyak porsi buah dalam menu sehari-harinya. Pilihkan buah-buahan yang memiliki rasa manis dan disukai anak agar anak belajar mencintai konsumsi buah sejak dini.

Suplementasi, langkah terakhir . Jika anak terlanjur sulit makan, orangtua masih dapat mengupayakan kecukupan gizi anak melalui suplementasi. “Namun ingat, disarankan cara ini sebagai cara yang terakhir dilakukan karena bagaimanapun anak butuh mendapatkan nutrisi dari makanan sehari-hari,” ungkap Emilia.

Laili. sumber : http://www.tabloidnova.com/Nova/Kesehatan/Anak/Jangan-Hukum-Anak-Tak-Suka-Sayur

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s