Menjelang Persalinan


Tak terasa Kehamilanku ini hampir memasuki 38 Minggu, udah deg2an nch dan bahagia juga karena sebentar lagi bakal melihat calon buah hati kedua kami… pengalaman saat melahirkan zaskia dulu terjadi saat kehamilanku 38 minggu 2 hari. apakah x ini akan sama? atau lebih cepat atau lambat? hehe…. hanya Allah SWT yang tau. yang jelas persiapan menjelang persalinan sudah 90%, siap2 menunggu kontraksinya datang lagi deh …

PERSALINAN yang cukup bulan biasanya mulai terjadi pada minggu ke 37 sampai dengan minggu ke 40. Namun akan lebih baik jika si calon ibu sudah mulai mempersiapkan diri menghadapi persalinan di minggu ke 32 sampai minggu ke 34. Karena dalam rentang waktu itu akan terjadi berbagai perubahan-perubahan hormonal dan anatomis yang mengarah pada proses persalinan. Oleh karena itu seorang ibu harus mempersiapkan diri baik secara mental maupun fisik.

Persalinan yang aman seharusnya berjalan dalam koridor yang normal, yaitu mencakup 3P; power atau tenaga, passanger atau janin dan passage atau jalan lahir. Ketika hal tersebut harus diperhatikan demi keselamatan ibu dan bayi ketika persalinan terjadi. Agar memiliki tenaga maka perlu melakukan olahraga bagi ibu hamil secara teratur. Janin kalau bisa memiliki berat di bawah 4 kg dalam kondisi yang sehat tanpa tanda-tanda kegawatan. Jalan lahir harus dipastikan bisa untuk dilewati dengan melihat kesesuaian besar janin dengan jalan lahir biasanya bisa dipastikan ketika penurunan kepala sudah terjadi secara mantap dan gradual di jalan lahir.

Tahap-tahap persalinan yang perlu diketahui antara lain:

  • Mulut rahim atau serviks memendek, melunak, dan menipis.
  • Terjadi kontraksi secara teratur dan semakin sering terjadi.
  • Terjadi proses pembukaan, pada anak pertama adalah 1cm tiap jam dan pada anak berikutnya adalah 2 cm tiap jamnya.
  • Pecah ketuban terjadi saat pembukaan lengkap atau hampir lengkap.
Pecah ketuban pada umumnya terjadi saat pembukaan lengkap atau hampir lengkap, namun jika terjadi sebelum fase persalinan dinamakan ketuban pecah dini, tandanya si ibu merasakan seperti ada sesuatu yang pecah atau meletus dan diikuti oleh keluarnya cairan berbau amis yang banyak dari vagina. Ibu harus segera ke rumah sakit kalau sudah pecah ketuban, karena berisiko kekeringan dan kemungkinan infeksi intrauterin. Biasanya dokter akan memberikan antibiotik untuk mencegah infeksi dan mengupayakan persalinan kalau kehamilan sudah cukup bulan.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s