Mual saat Hamil Trimester I


Keluhan yang paling sering dirasakan oleh Bumil pada Trimester I adalah Mual dan Muntah. Mual ini tidak hanya dirasakan pada pagi hari tapi juga disiang,sore dan malam hari (Seperti yang aku alami). Mual membuat nafsu makan jadi berkurang dan Malas beraktifitas. yang aku alami saat mual adalah gak nafsu makan karena setiap makan pasti dimuntahin (hiks…) sampai BB turun drastis, dan bisa makan hanya pada dini hari saat mualnya udah berkurang dan udah laper banget dan itu juga makanan hanya bisa masuk sedikit… Beraktifitas juga males banget, padahal setiap hari harus bekerja…jadinya berangkat dengan wajah yang pucat…walau udah dipolesin Bedak tetap aja kelihatan Pucetnya… bawaan pengen tiduran aja, gak pengen ngapa2in (kasihan anakku zaskia, lebih sering main sendiri karena Mamanya tepar dikasur)… Lidah pahit, sampai2 air putih juga gak bisa lewat di Lidahku.

Saat jadwal control keluhan yang disampaikan ke dr.SPoG selalunya tentang Mual, dokter memberikan resep obat anti mual dengan merk OBEGYN dan hanya diberikan untuk 5 hari. selama 5 hari sch Alhamdulillah enakan tanpa Mual, tp setelah obat habis mulai lg dch mualnya…sempat ditawari opname tapi ditolak… kasihan anakku gak ada yg jagain klw akunya di RS. akhirnya diriku berusaha untuk bersabar dan ikhlas menjalani hari2 indah dengan keluhan mual ini.

Alhamdulillah setelah search di google, keluhan Mualku bisa sedikit diatasi, walau tidak 100% hilang…tapi lumayan bisa mengurangi disaat2 tertentu…

ini beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi keluhan mual saat hamil….

1. Rasa mual pada pagi hari ketika kadar gula rendah, oleh karena itu makanlah roti atau biscuit sebelum mengangkat kepala dari bantal untuk menaikan kadar guladalam darah.
2. Saat sedang sikat gigi, jangan menggunakan pasta gigi terlalu banyak. Bila perlu,gunakan pasta gigi yang memiliki rasa mint untuk mengurangi rasa mual. Setelah itu berkumurlah dengan air hangat.
3. Konsumsilah makan yang mengandung karbohidrat tinggi.
4. Kurangi makanan berlemak dan susu murni, keju keras, dan telur dalam diet.
5. Kunyahlah biscuit kering antara waktu makan agar lambung tidak kosong.
6. Hindari ruang sesak, panas dan bau bauan yang menyengat.
7. Konsultasi dengan dokter mengenai obat anti mual yang aman dikonsumsi.(detik.com)

Keluhan Mual ini biasanya hanya dialami saat kehamilan Trimester I , Meski ada juga yang mengalaminya sampai Trimester ke-III. Alhamdulillah saat kehamilanku memasuki usia 15 Minggu keluhan mual ini menghilang bahkan tidak ada muntah lagi…dan BBku perlahan2 kembali naik…masa2 indah mual sudah menghilang, semoga kehamilanku kali ini bisa berjalan dengan baik sampai saat Lahiran. Amiinnn…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s