Kontraksi Palsu (Braxton Hicks) Pada Ibu Hamil

Standar

Alhamdulillah … hari ini tak terasa Kehamilanku sudah memasuki UK 39 Minggu. Seminggu lagi HPLku (3 Maret 2012), udah deg-deg seeerrr menanti saat persalinan. Nach sebelum kontraksi sebenarnya datang hampir setiap malam saat mau tidur aku mengalami yang namanya kontraksi palsu (karena ini persalinan kedua jadi sudah bisa membedakan sedikit  antara kontraksi palsu dengan kontraksi persalinan yang sebenarnya, kontraksi palsu ini sudah aq rasakan saat usia kehamilan 35 minggu. biasanya jam 22.00  sampai dengan jam 02.00 aq mngalaminya, tiba2 aja perut  terasa kencang, mules, dan pinggang bawah terassa pegal dan sedikit sakit seperti saat kita akan mendapat menstruasi (tapi mungkin 2 atw 3 x lipatnya x ya…hehe…) tapi kejadiannya tidak berlangsung lama….dan jarak antara satu kontraksi dengan kontraksi berikutnya tidak teratur (kalau yang aku alami kadang 1 jam sekali, kadang 30 menit sekali….) kemudian hilang dan gak datang lagi, baru deh setelah rasa mules, kenceng dan pegelnya hilang aq bisa tertidur nyenyak kembali.

Kontraksi palsu atau kontraksi Braxton Hicks merupakan kondisi menegangnya otot-otot rahim yang membuat otot perut ikut mengencang bahkan terasa keras jika disentuh. kondisi tersebut diikuti dengan perasaan nyeri pada perut yang kemudian menjalar ke tubuh bagian bawah. Biasanya kondisi ini hanya berlangsung selama 1-2 menit saja.

Pada umumnya terjadinya kontraksi palsu dipicu oleh beberapa hal diantaranya karena pergerakan bayi dalam rahim, akibat membawa beban yang terlampau berat, setelah berolahraga, dehidrasi, atau setelah melakukan hubungan seksual.

Perbedaan kontraksi palsu dengan kontraksi persalinan
Perbedaan antara kontraksi palsu dan kontrasi menjelang persalinan sangat bisa dirasakan diantaranya:

  • Pada kontraksi palsu, intensitas nya tidak semakin kuat bahkan akan segera menghilang, sementara pada kontraksi persalinan intensitas kontraksinya justru menguat dari waktu ke waktu.
  • Kontraksi palsu akan berkurang rasanya saat anda mengubah posisi, sementara pada kontraksi persalinan justru semakin terasa.
  • Kontraksi palsu terjadi tanpa pola waktu dan tidak beraturan, sementara kontraksi persalinan  memiliki pola tertentu dengan waktu yang semakin pendek.
  • Beberapa kasus kontraksi palsu tidak menyebabkan rasa sakit, yang timbul hanya perasaan tidak nyaman, sementara kontraksi persalinan selalu menimbulkan rasa sakit.

Meredakan perasaan tidak nyaman akibat kontraksi palsu
Untuk meredakan perasaan tidak nyaman akibat serangan kontraksi palsu, beberapa cara dibawah ini bisa anda lakukan:

  • Mengubah posisi anda, atau menghentikan sama sekali aktifitas yang sedang anda lakukan. Cara paling efektif yaitu segera beristirahat dari segala aktifitas yang anda lakukan.
  • Sambil beristirahat, minumlah segelas air, seringkali dehidrasi memicu timbulnya kontraksi palsu.
  • Jika memungkinkan berendam air hangat agar tubuh anda rileks
  • Selalu kosongkan kantung kemih, karena jika sampai terjadi iritasi bisa menyebabkan kontraksi ini semakin parah.
  • Lakukan relaksasi dengan mengatur nafas untuk mengurangi rasa tidak nyaman.

Meski kontraksi palsu tidak menimbulkan bahaya pada kehamilan , namun kita harus tetap waspada dan segera pergi ke Bidan/dokter kandungan terutama jika kontraksi tersebut terjadi di usia kehamilan kurang dari 37 minggu dan terjadi hingga lebih dari 4 kali dalam satu jam, atau jika timbul tanda-tanda terjadinya kelahiran prematur. Jika tidak, jadikan kontraksi palsu sebagai latihan sebelum persalinan kelak. ^__^

Sumber : http://www.kafebalita.com/content/articles/read/2009/11/kontraksi-palsu-pada-ibu-hamil/1308

About these ads

12 responses »

  1. makasih y mbk infonya, saya numpang baca2 masalah persalinan normal jg, soalnya pingin banget melahirkan normal, siap2 dari skrg wlpn baru 4 bln :)

  2. Bagaimana jika terjadi persalinan di usia kandungan baru 35minggu??apakah bahaya atau tidak??karna kebetulan saya penderita asma,,thx

  3. Bunda..aq hamil sudah usia 37 mggu lbh..2 mggu lg tgl prediksi lahir..tp 3hr blakangan ini aq suja kontraksi..maklum aq bru prtama kali..jd kurang faham..klo trnyata tu kontraksi palsu..lalu pd saat yg bunda sudah alami brp hr jarak antara kontraksi palsu dg yg sbnrnya…thx

    • Antara kontraksi palsu dengan kontraksi sebenarnya biasanya tidak terlalu jauh bunda, klw kontraksi palsu sudah tejadi berarti sebentar lagi proses persalinan akan tiba. atau bunda sudah melahirkankah sekarang? jika ya, selamat ya ^_^

    • Bunda Fitri, sebaiknya konsultasikan masalah ini pada dokter kandungan atau bidan dimana bunda memeriksakan kandungan. karena usia kandungan bunda hampir mendekati 42 minggu (batas maksimal normalnya usia kandungan). semoga kehamilan bunda baik2 saja dan persalinannya lancar. aamiin…

  4. Bund…mau sharing aja,kehamilan saya saat ini sdh 39 minggu HPLnya mnurut USG bulan lalu tgl 18-12-2013 brrti sdh kemaren, nah wktu tgl 12 kmren saya smpt ngalamin kontraksi dn stlh dpriksa dlm sama dokter bukaan 2 besok paginya kluar lendir sdkit darah llu panggil bidan sdh bukaan 4,bilang bidan tunggu skitar jam 3 sore bayi akan lahir stlh bidan pulang rs sakitnya hilang dan sampe skrg blm jg melahirkan,ku tanyakan bidan lg knp bs sdh bukaan 4 llu ga lahir bilang bidan saya suruh tunggu smpe ada kontraksi lg,itu gmn ya bund?

    • Maaf baru sempat dibalas, bunda sekarang pasti sudah melahirkan ya…?
      Sebaiknya memang kita mengikuti saran dari Bidan atau Dokter kandungan dimana kita memeriksakan kehamilan. Semoga Bunda dan bayi selalu diberi kesehatan, aamiinnn….

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s